RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
pendidikan : SMP
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas : VII (Tujuh)
Semester : I (Satu)
Alokasi
Waktu : 1 x 15 menit
A.
Standar
Kompetensi
Menggunakan
bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dan
perbandingan dalam pemecahan masalah.
B.
Komptensi
Dasar
Menggunakan
konsep aljabar dalam pemecahan aritmetika sosial yang sederhana.
C.
Indikator
Menentukan
besar persentase untung (laba), rugi,
harga jual, harga beli, rabat, netto , pajak
bunga tunggal pada kegiatan perdagangan
D.
Tujuan
Pembelajaran
Peserta
didik dapat menggunakan operasi bentuk aljabar untuk menentukan persentase
rugi, laba, harga jual, harga beli,
rabat, netto, dan pajak bunga tunggal dalam kegiatan perdagangan
E.
Materi
Pembelajaran
Aritmetika Sosial :
Menentukan Persentase Untung atau Rugi terhadap Harga Pembelian
a) Persentase
untung =
b) Persentase
rugi =
c) Untung
= persentase untung
Hb
d) Rugi
= persentase rugi
Hb
F.
Metode
pembelajaran
-
Ceramah
-
Tanya jawab
-
Pemberian tugas
G.
Model
Pembelajaran
Pengajaran
langsung
H.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan
ke-1 (1 x 15 menit)
No
|
Waktu
|
Aktivitas
Guru
|
Aktivitas
Siswa
|
Nilai
Karakter
|
1
|
2menit
|
Pendahuluan
Mengucapkan salam dan
berdoa
a. Orientasi
·
Menuliskan judul di
papan tulis
·
Menyampaikan tujuan
pembelajaran dan hasil belajar yang akan dicapai oleh setiap siswa
b. Apersepsi
·
Mengingat kembali
materi sebelumnya.
c. Motivasi
·
Menjelaskan manfaat
materi ini pada kegiatan ekonomi
|
Menjawab salam dan
berdoa
·
Menyimak penjelasan
guru
·
Menyimak penjelasan
guru
·
Mengingat kembali
materi sebelumnya
·
Menyimak penjelasan
guru
|
·
Menghargai
·
Tanggung jawab
·
Tanggung jawab
·
Tanggung jawab
·
Tanggung jawab
|
2.
|
11menit
|
Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
·
Guru menyampaikan
materi pembelajaran mengenai persentase untung dan persentase rugi.
b. Elaborasi
·
Guru memberikan tes /
kuis kepada setiap siswa secara individual
·
Memberikan kesempatan
untuk siswa bertanya
·
Guru memberikan
penilaian terhadap hasil tes siswa
c. Konfirmasi
· Melakukan
konfirmasi tentang materi yang telah diajarkan
·
Guru memberiakan
penghargaan kepada siswa yang menjawab dengan benar
|
·
Menyimak penjelasan
guru
·
Mengerjakan soal
secara individual
· Menanyakan
permasalahan materi yang belum jelas
· Menyimak
atau memperhatikan
·
Menjawab pertanyaan
guru
·
Menerima penghargaan
dari hasil yang telah di capai
|
·
Tanggung jawab
·
Tanggung jawab,
mandiri
·
Tanggung jawab
·
Menghargai
·
Tanggung jawab
·
Menghargai hasil
prestasi
|
3.
|
2menit
|
Penutup
·
Membimbing siswa
untuk bersama-sama membuat kesimpulan atau rangkuman
·
Memberikan tugas
rumah
·
Mengucapkan salam
|
·
Membuat kesimpulan
·
Menerima tugas
·
Menjawab salam
|
·
Kreatif
·
Mandiri, tanggung
jawab
·
Menghargai
|
I.
Alat
dan Sumber Belajar
Alat
:
Sumber
Belajar :
-
Bahan ajar yang di
ambil dari Buku Paket Matematika SMP Kelas VII semester 1.
(Intan Pariwara, hal 64)
J.
Penilaian
Hasil Belajar
a) Teknik
Penilaian : Penugasan
b) Bentuk
Instrumen : Uraian
c) Instrument
Penilaian : Tugas tertulis
0 komentar on "RPP PPL 1"
Posting Komentar